RSS
Facebook
Twitter

Selasa, 23 September 2014

Belanja Persiapan Kelahiran Anak Kedua

Di mbah google, banyak kita temuin referensi belanja kebutuhan bayi baru lahir. Rata-rata sih, buat first baby born, jadi para emaknya masih so enthusiast welcoming the first one, apa-apa kudu lengkap dan apa-apa kudu dibeli. Apa-apa kudu yang bagus, yang ber merk, yang mihil. Pokoknya nggak mau kalah sama emak-emak keren di internet.

It was so me, when preparing Ghozy's born (Anak pertama, harap maklum).
Tapi ternyata eh ternyata, banyak juga lho barang yang kita beli itu, yang bagus-bagus, bermerek dan mihil itu, akhirnya nggak kepake. Mostly karena kalap mata, yang lain karena dapet kado yang sama dari mereka yang tercinta. Tapi ya namanya anak pertama, nggak papalah, heboh dikit. Biar keliatan greng nya gitu. 

Nah, berhubung si dedek di perut calon anak kedua sudah mulai masuk di usia tujuh bulan, emaknya perlu me refresh lagi nih kayaknya barang-barang yang mesti dibeli. Berikut ini list kebutuhan new baby born yang aku copas dari temen-temen dunia maya yang sudah berbaik hati sharing kebutuhan mereka, yang mana list ini akan banyak kucoret mengingat masih ada satu-dua "sisa si kakak" yang bisa diberdayakan kembali.
Btw, berhubung hasil USGnya si dedek ini perempuan, jadi ya pasti ada yang beda dengan kebutuhan kakak laki-lakinya ya..

Chek this out:

Clothes :
 [½ lusin] stelan baju tangan panjang +celana panjang   (sudah ada punya kakaknya)
 [½ lusin] atasan lengan pendek
   (sudah ada punya kakaknya)
 [½ lusin] atasan tanpa lengan
   (sudah ada punya kakaknya)
 [1½ lusin] celana pop/celana pendek
   (sudah ada punya kakaknya)
 [2-3] celana tutup kaki
   (sudah ada punya kakaknya)
 [4-6 pasang] sarung kaki + sarung tangan
  (sudah ada punya kakaknya)
 [1-2 buah] kaos kaki/sepatu bayi
 [1] cardigan/jaket/baju hangat
 [1] topi bayi
 [½ lusin] singlet
 [2 lusin] popok kain  (sudah ada punya kakaknya)
 [½ lusin] gurita  (sudah ada punya kakaknya)
 [½ lusin] bedong
  (sudah ada punya kakaknya)
 [2-3 buah] alas dada/oto (bib)
  (sudah ada punya kakaknya)
 [2-3 buah] sapu tangan handuk
  (sudah ada punya kakaknya)

Dan woow... ternyata dari sekian banyak daftar pakaian yang harus dibeli, banyak yang bisa dicoret nih. Yang perlu dibeli lagi mungkin cuma kaos kaki sama sepatu, topi, dan singlet. Itu sudah. Nah, biar nggak keliatan semua barangnya adalah "lungsuran" si kakak, boleh deh membudgetkan 3 ato 4 potong baju bayi cewek buat pergi-pergi ke dokter ato jalan-jalan ke mall. Eh, sama bando-bando gitu lucu kali yaa....

Perlengkapan Mandi
bak mandi (sudah ada punya kakaknya)
perlak mandi untuk alas ganti pakaian
[2 buah] handuk bayi besar (masih ada simpenan, ex kado, masih brand new kok)
[3-4 buah] washlap/sarung tangan handuk (masih ada simpenan, ex kado, masih brand new kok)
sabun shampoo two in one
baby oil
baby cologne
diapers cream
bedak padat bayi (nggak perlu, nggak terlalu suka pakein bedak. Paling kalo beli yang tabur aja)
minyak telon
lotion anti nyamuk (nggak perlu, dulu beli nggak kepake)
wet tissue
cotton buds
sisir+sikat bayi (nggak perlu, dulu sempet beli, terus nggak kepake, trus malah ilang nggak tau kemana)
gunting kuku bayi
Newborn pampers/clodi
kapas bulat ***kalau mau irit beli kapas kiloan di apotik lalu bentuk bulat-bulat, simpan di toples

Nah, kalo perlengkapan mandi ternyata perlu beli lagi nih. Tapi biar nggak ribet, mau pake merk samaan kayak kakaknya aja deh, jadi kan konsepnya dipake bareng2. Hehe..
Oya, aku punya satu catatan lagi tentang clodi. Jadi, dulu waktu jamannya Ghozy, dalam rangka ikut-ikutan trend dan ikut serta menyelamatkan bumi, dan gelap mata, dsb, si emak ni beli clodi. Untuk investasi masa depan. Say no to pospak. Tapi ujung-ujungnyaa.... mangkrak deh tu si clodi yang cukup banyak itu. Pasalnya, ternyata aku nggak telaten makein clodi. Sering bocor. Nyucinya juga agak ribet kan, yang mana bikin insertnya pesing. I dont like it. Maka kumpulan clodi itu masih tertata rapi di lemari (dan kadang kalo lagi buka2 gitu nyium insertnya masih berasa pesing aja. Parno kali ya?) Jadi, investasi jutaan penyelamatan bumi itu mangkrak jaya. Daaaannn... sering banget deh kena sindir suami dengan "gimana nih, nasib investasimu?" 
Hemm... rencananya sih, clodi-clodi itu mau tak berdayakan lagi. Semoga bisa yaaa....

Perlengkapan Tidur
kasur (nggak perlu, seranjang sama ortunya lebih praktis. Rencana malah mau beli kasur buat bapaknya aja)
[2 pasang] bantal guling (nggak perlu, bikin ranjang jadi sempit, dan ribet nyusuin)
Seprai anti air, 
kelambu
bantal peang (ada lekukan di bagian kepala)
selimut bayi (nggak perlu, punya kakaknya nggak kepake)
[1 buah] perlak besar (sudah ada punya kakaknya)
[2 buah] perlak kecil (sudah ada punya kakaknya)

Nah, kalo keperluan tidur, rencananya mau nambah investasi sprei anti air. So far, its so helpfull, biar pipisnya si dedek nggak tembus sampai kasur. Apa dijadiin wish list aja ya? Hihihihi... 
Terus, rencana mau nambah kasur besar aja biar space nya lebih luas, soalnya si kakak lagi hobi loncat-loncat, jadi kayaknya perlu manjaga si dedek dari wilayah loncat-loncatnya si kakak.  

Kebutuhan Tambahan
sedotan ingus (nose cleaner) (nggak perlu, dulu pernah beli, malah nggak tega makeinnya. Ganti pake olbass atau oure kid aja)
kassa
alcohol 70%
betadine
tas bayi (masih ada simpenan, ex kado, masih brand new kok)
gendongan

Nah, kebutuhan tambahan yang perlu di note itu ternyata gendongan sling. Soalnya, sampe sekarang masih belum nemu gendongan sling yang oke punya, mengingat si emak nggak bisa gendong pake jarit. Sudah direkomendasikan pake gendongan sling merk elegance siiihhh, yang katanya enak itu. Sedang pikir2 nih, mau dijadiin wish list atau beli sendiri (si emak ngirit bingit).

Kebutuhan Ibu
[3 buah] BH menyusui
breast pads
gurita ibu

Nah, ini kayaknya bisa coret semua sih, soalnya masih ada pas kakaknya dulu, dan jarang kepake. Hihihi...

Kebutuhan Peralatan Perang Asi
breast pump (pompa asi) (masih ada, terawat baik)
[1 dos] botol ASI kaca
kantong ASI
[3 buah] botol (dot)
cooler gel
cooler bag (masih ada, terawat baik)

Nah, kira-kira basic need nya itu dulu gih. Alhamdulilah ya, masih banyak yang sudah punya, jadi tinggal nambahin dikit-dikit aja. Semangatttt!!!!

1 komentar:

  • Blogger news

  • Blogroll

  • About

    Welcome Readers! This is a story about me and my life Some papers full of Grateful towards The Almighty. Happy reading!