Nusa Penida Trip (2)

We come to this day after all.
Hari kedua, seperti rencana, kami berangkat ke Pulau Nusa Penida.
Ada 2 opsi sebenarnya kalau mau jalan-jalan ke Nusa Penida, yaitu Nusa Penida Barat dan Nusa Penida Timur. Setelah cukup googling dan mencari referensi, kami putuskan untuk one day tour saja ke Nusa Penida Barat, yang semuanya serba beach beach, meliputi Kelingking beach and Paluang Cliff, Broken beach and Angels Billabong, dan kemudain Crystal beach.
In my opinion, untuk yang bukan benar-benar petualang, membooking travel tour is the best option. Banyak kok di internet travel agen yang menyediakan paket tour Nusa Penida. Bisa membandingkan sendiri ya, cari yang reviewnya bagus, dan menawarkan diskon, karena hidup hemat demi piknik is a must.
Kami pesen tiket one day tour Nusa Penida Barat untuk satu keluarga, 2 orang dewasa, 2 orang anak2. Kita dapat fasilitas satu mobil dengan driver dan dapat makan siang juga. Bensin masih isi sendiri ya, 100 ribu cukup. Oiya, nanti jangan lupa kasih tips ke drivernya juga.
Biaya tur juga sudah meng cover tiket speed boat Sanur-Toyopakeh PP dan tiket masuk wisata.
Total untuk biaya one day tour yang dibayarkan ke travel adalah IDR 1.400.000,- dimana 30% harus dibayar dulu sebagai DP di awal pemesanan.
(Kalo nggak minta private tour sih sebenernya itungan dewasa @500 ribu, anak2 @200 ribu. Tapi demi kenyamanan dan fleksibilitas waktu, kan lebih enak kalo nggak bareng2 sama keluarga lain ya).

Pelabuhan Sanur-Pelabuhan Toyopakeh
Agen travel menjemput kami di Inna Grand Bali Beach Hotel, yang sebenernya cuma 5 menit dari Pelabuhan Sanur. Speed boad berangkat jam 7.30, so were ready in the hotel lobby at 7.00 saat si pak agen menjemput.
Tips number one, pastikan anak2 sudah bangun maksimal 5.30 supaya 6.30 bisa sarapan dulu di hotel. Dannn, bawa tupperware untuk membekal roti dari hotel. Ingat, hemat demi piknik is a must.
Sampai di pelabuhan Sanur, kami pelunasan pembayaran dulu, kemudian menunggu bersama wisatawan lain yang juga bersemangat ber Nusa Penida.
Speed boat nya ontime by the way.
Tips number two adalah, i recomend you to wear short pants (bapak2 dan anak), karena pelabuhan Sanur nggak punya dermaga. Once you enter to the boat, harus nyemplung dulu ke laut, bisa diatas dengkul boook dalemnya. Dont wear shoes, or you'll getting super wet and uncomfortable. Pakailah sandal jepit dan celana pendek pada tempatnya.
Tentu saya yang paling basah. The boys and little girl aman, karena mereka celana pendek (mas dan adik naek ke boatnya juga digendong, jadi nggak basah). Di boat udah nggak nyaman banget itu celana jeans basah banget sepaha, berat kan.
Perjalanan dengan boat nggak nyampek 45 menit. Gelombang lautnya juga nggak tinggi2 amat jadi aman lah dari mual2.
Pelabuhan Toyopakeh punya Dermaga, yeay. Jadi nggak perlu nyemplung dulu. Begitu turun dari boat, sudah ditunggu sama abang-abang bli dari travel. Kami dapet avansa.
Jadi, tujuan kami hari ini adalah Kelingking Beach, Angel Billabong, Broken Beach, dan Christal Beach. Lets go!
But first, pom bensin dulu. (nggak tahan, harus ganti celana yang basah ini!).

Kelingking Beach 
Tujuan pertama dari pelabuhan toyopakeh adalah Kelingking Beach. It is located in the middle of naik naik ke puncak bukit dengan lintasan jalur aspal rata yang sempit. Beberapa ruas jalan rusak parah. Ini kalo menurut saya ya, kalo nggak sama driver lokal, akan kesulitan sampek di kelingking beach, karena itu jalan walopun bagus tapi kan nanjak dan belok belok ya, sempit pula, sisi kiri lereng, sisi kanan jurang. Kalo ketemu sama mobil lain yang ukurannya lebih besar harus saling berhenti dan jalan pelan-pelan gantian. Mana handphone kehilangan sinyal, nggak ngerti ya GPS bisa jalan apa enggak. Kalo nggak hapal rute terus nyasar kan jadi cerita sendiri ya.
Kurang lebih perjalanan satu jam, sampailah di Kelingking Beach yang (kayaknya) di puncak bukit gitu, dan memang keren banget ya Indonesia, punya tempat wisata gini amat indahnya. Mobil parkir di parkiran yang nggak terlalu jauh dari lokasi beach, sangat walkable bahkan untuk anak2. Kemudian, sampailah kita pada paparan indah sepanjang mata.

Kelingking Beach
     
Si pantai yang kalo dari atas keliatan kayak dinosaurus ini emang bagus banget mau dilihat dari sudut pandang mana aja. Memang kok #indonesiakeren ! aselik.
Ini disini kami ketemunya sama bule semua. Ternyata ya, nggak banyak turis domestik yang nyampek kesini. Itu liat nggak yang titik2 kecil di pantainya? Orang2 bule ini ada yang menyengajakan turun ke bawah sana lewat jembatan kecil yang jelas tidak aman. They are so cool.

Mau nggak liat foto2 kita waktu disini? mau aja dong ya..

Ini mandatory photo kayak orang-orang.
                                                 I

Yeay, family picture!
Enaknya pake travel adalah, si bli nya ini bisa nginthil dan motoin kita sampek banyak take sampek elek lah pokoknya. Jadi bisa foto berempat deh.

Broken Beach-Angel's Billabong
Sejujurnya kurang paham yang mana angel's billabong, yang mana broken beach. Hahaha...
Browsing dulu deh.
Broken Beach-Angel's Billabong ini satu lokasi sih. Dari Kelingking Beach perjalanan bermobil kurang lebih 20 menit sampailah kita ke Broken Beach-Angel Billabong. Sama seperti di Kelingking Beach, kita pun nggak bisa sampek turun dan berenang begitu, hal mana yang bikin si Mas bete. Udah harus nyemplung aja si anak ini. Sabar ya nak....

Angel's Billabong 

Ih, kok fotonya nggak sebagus yang di google?
Iya e, nggak sebiru itu ternyata bapak ibu! Ini mungkin karena lagi surut ya, jadi si kolam yang di tengah ini airnya nggak banyak, jadi nggak bisa punya foto sebagus di google. Maaf ya.

Ya udah kita foto keluarga aja ya. :D

Tuh kan, nggak penuh gitu lho kolamnya ini. Kurang instagramable. Hahaha...
   
Padahal, kalo di google sebagus ini lho. Credit to rightful owner.
Dari Angel's billabong ke broken beach jalan kaki bapak ibu, sekitar 20 menitan. Anak anak sudah mulai cranky karena panas, dan itu kan jalannya juga makadam gitu jadi sudah mulai protes sana sini, panaslah, apalah apalah. Saat inilah jasa gendong ayah mulai beraksi untuk si adik. Mas nya masih masih mau jalan sambil cemberut.

Seperti inilah kira-kira jalur dari angel's bilabong-broken beach

Akhirnya, kami sampai di Broken Beach. Kalo yang ini sebagus itu memang. Keren lah.
Di sampingnya si broken beach ini ada warung tempat wisatawan berhenti untuk beli jajan, kopi, ato eskrim. Anak-anak alhamdulilah agak berkurang cranky nya setelah ketemu es krim. Si adek mager, untung mas nya masih mau digeret untuk berfoto.



Kemudian kamipun jalan lagi menuju parkiran (yang lumayan jauh dengan kontur jalan makadam seperti sebelumnya).

Makan Siang di Sebuluh Resto and Bar
Tujuan kita tinggal satu lagi, Christal Beach. Anak- anak udah mulai lelah dan lapar, jadi driver memampirkan kami dulu di resto. Makan siang ini udah masuk di biaya travel ya, jadi nggak perlu ngeluarin uang lagi. Makannya enak-enak disini, beneran. Adik udah teler banget, di resto tidur blas nggak bangun-bangun. Sedangkan masnya makan besar dengan super lahap. Yum yum yum!




Crystal Beach
Yes, ini tujuan yang paling ditunggu anak-anak, time to swim!
Dari Sebuluh Resto kurang lebih 20 menit kami sampai di Crystal Beach. Jarak antara tempat parkir sampai pantainya kurang lebih 500 meteran, dan sampailah kami di pantai sebening kristal untuk nyemplung. Yeay.





Ombaknya cukup besar disini, jadi kalo anak-anak nyemplung harus dengan pengawasan orang tua ya.
Kurang oke nya pantai ini cuma satu, yaitu fasilitas bilasnya yang sangat kurang memadai. Cuman ada 2 bilik kalo nggak salah, dengan kondisi yang sangat nggak oke sebenarnya, kalah jauh sama fasilitas bilas di pantai jawa timur.

Si bli dari travel udah kebingungan nyariin kita soalnya kelamaan berendam. Hahaha...
Dia takut kita ketinggalan boat ke Sanur.
Just in time, we went back to Toyopakeh untuk kembali ke Bali.

                                                      Pelabuhan Toyopakeh

Komentar

Postingan Populer